Home » » MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG HATI (AL-QALB)

MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG HATI (AL-QALB)

Sisa-Harimanusia---Ketahuilah bahwa pengertian dan nama dari Hati (Al-Qalb) banyak yang memiliki pemahaman dan pengetahuan yang berbeda. Sehingga terjadi beberapa kesalahan dan kekeliruan yang sering terjadi seringkali diakibatkan ketidak pengertian mereka terhadap istilah tersebut, karena di samping memiliki persamaan, dalam banyak hal juga memiliki perbedaan. Apa sebenarnya hati itu ? dalam banyak perdebatan Tasawup orang awam sering dihubungkan-hubungkan dengan ruh, benarkah demikian?. Nah pembahasan berikut ini semoga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita tentang hati tersebut.

Dalam banyak literatur di jelaskan Lafal al-Qalb (hati) memiliki dua makna, yaitu :

Pertama: Daging yang berbentuk sanuba yang terletak di sisi kiri dada. Dalam bentuknya yang khas di tengahnya diging ini terdapat rongga yang berisi darah hitam yang menjadi sumber ruh dan kehidupan. Namun bukan menjadi tujuan kita membahasa bentuk dan bagaimananya daging tersebut secara lahir dalam pembahasan ini. Karena dalam konteks ini tidak berkaitan dengan tujuan keagamaan tetapi menjadi tujuan obyek kajian para dokter. Karena hati dalam bentuknya semacam ini terdapat juga pada organ tubuh binatang, bahkan juga terdapat pada mayit.

Oleh karena itu, ketika kita menyebut istilah al-qalb dalam pasal ini, yang kita maksud bukanlah orang hati yang hanya berbentuk septong daging yang tidak berharga. Hati yang merupakan organ tubuh yang berbentuk sepotong daging itu dapat diraba dan dilihat oleh idera manusia bahkan dapat pula dilihat oleh binatang.

Kedua, Sesuatu (rohani) yang sangat halus dan bersifat rabbani. Hati dalam arti sesuatu yang sangat halus (lathifah) ini, memiliki hubungan dengan hati yang bersifat jasmani. Hati dalam arti kedua inilah merupakan hakekat dan jati diri manusia. Hati dalam arti inilah yang bisa mengetahui, mengenal serta mengerti sesuatu. Dan dialah yang menjadi sasaran lawan bicara (yang terbebani hukum-hukum syari'at) yang dikenal sangsi, celaan dan yang dituntut tanggung jawabnya. Hati dalam arti ini memiliki hubungan dengan hati yang menjadi organ tubuh jasmani. Namun hubungan antara keduanya sulit diketahui dan cukup membingungkan akal kebanyakan manusia. Karena keterkaitan hubungan itu lebih luas daripada sekedar hubungan kebendaan (jasmaniah), antara sifat dan yang disifati, antara pengguna alat dengan alat itu sendiri dan lebih luas daripada hubungan antara tempat dengan yang menempati itu.


Pembahasan mengenai hal tersebut secara mendalam, kita coba untuk menghindarinya, karena dua alasan, yaitu :

Pertama: Pembahasan mengenai hal itu secara terperinci dan mendalam berhubungan erat dengan ilmu mukasyafa (terbukanya suatu tabir hati, sehingga perkara yang gaib menjadi terlihat jelas olehnya), sementara hal demikian bukan menjadi pokok bahasan kita dalam tulisan ini. Karena yang menjadi obyek utama bahasan kami dalam pasal ini adalah yang terkait dengan ilmu-ilmu mu'amalah.

Kedua: Pembahasan hal tersebut secara mendalam akan memasuki wilayah pembahasan rahasia ruh dan mengenai yang terakhir inipun, tidak pernah dibahas oleh Rasulullah saw. - Hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah saw. tidak pernah membicarakan rahasia ruh dan esensinya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim (muttafaq 'alaih), dari Ibnu Mas'ud terkait dengan pertanyaan orang Yahudi kepada Nabi saw. mengenai ruh. Mendapat pertanyaan itu Nabi lebih memilih diam tidak memberikan jawaban atas pertanyaan mereka hingga turun ayat sebagai berkut:

Artinya:
"Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: "Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kami diberi pengetahuan melainkan sedikit."   (QS. Al Isra' : 85).

Maka, yang selain beliu juga tidak patut membicarakaannya lebih jauh, apa lagi dengan pembicaraan yang tidak ada dasar dan landasannya. 

Jadi, yang dimaksud, ketika kita menyebut istilah al-qalb dalam pembahasan ini yang di maksud adalah sesuatu yang sangat halus (al-lathifah) yang bersifat rohaniah, sebagaimana telah dijelaskan di atas. Kami bermaksud hanya menyebut sifat-sifatnya dan berbagai kondisinya, bukan mengenai hakekat zatnya. Dan inilah yang kami maksudkan dengan ilmu mu'malah tersebut. Yang diperlukan dalam ilmu mu'amalah hanyalah pengetahui sifat-sifat dan berbagai ihwalnya, bukan mengenai esensi dan hakekat zatnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel