Home » » INILAH YANG TERJADI KETIKA TIUPAN SANGKAKALA UNTUK MEMBANGKITKAN MAKHLUK

INILAH YANG TERJADI KETIKA TIUPAN SANGKAKALA UNTUK MEMBANGKITKAN MAKHLUK

Sisa-Harimanusia---Sangkakala atau dalam bahasa Arabnya Shuur adalah bagian dari rukun Iman bagi ummat Islam, yaitu beriman kepada adanya Malaikat. Kemudian malaikat yang wajib diimani, diantaranya adalah malaikat bernama Israfil yang tugasnya meniup sangkakala. Hal ini sejalan dengan apa yang telah di jelaskan dalam Al-Qur'an :

Kemudian Allah SWT berfirman : "Wahai Israfil, berdirilah dan tiuplah sangkakala ini dengan tiupan yang membangkitkan." Maka Malaikat Israfil berdiri dan meniup sangkakala tersebut, seraya memanggil : "Wahai ruh-ruh yang telah keluar, tulang-tulang yang sudah hancur, jasad-jasad yang sudah membusuk, otot-otot yang sudah terputus, kulit-kulit yang sudah tercabik-cabik dan rambut yang sudah rontok, bangkitlah kalian semua untuk memenuhi keputusan". Maka bangkitlah mereka semua dengan perintah Allah SWT. Mereka sama melihat ke langit yang benar-benar telah bergoncang, melihat ke bumi yang telah diganti, melihat onta-onta yang sedang bunting ditinggalkan, melihat hewan-hewan buas telah dikumpulkan, melihat ke lautan yang telah meluap dan melihat ruh-ruh yang telah disatukan dengan jasadnya, melihat Malaikat Zabaniyah yang telah dihadirkan, melihat matahari telah dipadamkan, melihat neraca yang telah dipasang, melihat surga yang telah dibuka, maka masing-masing orang mengetahui apa yang telah dikerjakannya.

Kemudian orang-orang kafir dikeluarkan dari kuburnya dalam keadaan tanpa memakai alas kaki dan juga tidak memakai secarik kain pun.

Rasulullah SAW. pernah ditanya tentang makna yang terkandung dalam firman Allah SWT. dalam surat An-Naba, ayat 18, yang artinya sebagai berikut : "Ketika sangkakala ditiup, maka datanglah mereka berbondong-bondong". Maka Rasulullah SAW. menangis mendengar pertanyaan itu, kamu bertanya kepadaku tentang kejadian yang besar, sesungguhnya pada waktu itu adalah telah datang hari kiamat, dimana beberapa kamu dari umatku akan dikumpulkan menjadi 12 golongan";

Adapun golongan yang pertama adalah mereka dikumpulkan dalam bentuk kera, mereka itu adalah orang-orang yang suka memfitnah terhadap manusia yang lain.

Golongan Yang kedua adalah mereka dikumpulkan dalam bentuk babi hutan, mereka itu adalah orang-orang yang ahli makan barang haram.

Yang ketiga adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan buta, kebingungan dan selalu bersandar pada manusia lain, mereka itu adalah orang-orang yang melanggar hukum-hukum Allah dan tidak adil dalam memutuskannya.

Yang keempat adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan tuli dan bisu, mereka itu adalah orang-orang yang menyombongkan diri dengan amal perbuatannya.

Yang kelima adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan mengalir nanah dari mulutnya dan menggigit-gigit lidahnya, mereka itu adalah para ulama yang mengingkari antara perkataan dan perbuatannya.

Yang keenam adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan tubuhnya penuh dengan luka dari api neraka, mereka itu adalah orang-orang yang menjadi saksi-saksi palsu.

Yang ketujuh adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan telapak kakinya berada di dahi dengan diikatkan ada jambul kepalanya, yang baunya mereka lebih busuk dari bangkai, mereka itu adalah orang-orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya untuk bersenang-senang dari perkara haram.

Yang kesembilan adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan mabuk yang jatuh bangun ke kanan dan kekiri, mereka itu adalah orang-orang yang tidak menjauh diri dari hal-hal yang membicarakan orang lain.

Yang kesepuluh adalah mereka dikumpulkan dalam keadaan menjulurkan lidahnya dari mulutnya, mereka itu adalah orang-orang yang suka mengadu domba.

Yang kesebelas adalah mereka itu dikumpulkan dalam keadaan mabuk, mereka itu adalah orang-orang yang bercakap-cakap di dalam masjid tentang masalah duniawi.

Dan yang kedua belas adalah mereka itu dikumpulkan dalam bentuk babi hutan, mereka itu adalah orang-orang yang pemakan barang riba.


Umat Nabi Muhammad SAW. dikumpulkan juga menjadi 12 golongan.

Di dalam hadist yang lain diceritakan, dari Mu'adz bin jabal ra. bahwa Nabi SAW. bersabda : "Apabila telah tiba hari kiamat, hari kesedihan dan hari penyesalan, maka Allah SWT. mengumpulkan umatku dari kubur mereka menjadi 12 golongan : 

Adapun yang pertama adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan tidak memiliki tangan dan kaki. Kemudian ada pemanggil dari hadapan Allah Yang Maha penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang suka menyakiti tetangganya, mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan untuk mereka dan nerakalah tempat mereka akan kembali".

Yang kedua adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam bentuk hewan melata, ada yang mengatakan hewan itu adalah babi hutan. Kemudian ada pemanggil dari hadapan Allah yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang lengah dalam mengerjakan shalat dan mati sebelum taubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan nerakalah tempat mereka akan kembali".

Adapun golongan yang ketiga adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan perut yang besar bagaikan gunung yang dipenuhi oleh ular dan kalajengking mereka itu seperti keledai. Kemudian ada pemganggilan dari hadapan Allah Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang enggan untuk membayar zakat dan mati sebelum bertaubat.

Golongan yang keempat adalah : mereka dikumpulkan dari kuburannya dalam keadaan mengalir darah dari mulutnya sedangkan usus mereka menjulur ke tanah, serta dari mulut mereka keluar api. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang berdusta di dalam berjualan dan pembelian dan mereka mati sebelum bertaubat, maka inilah pembalasan bagi mereka dan ke nerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan yang kelima adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan berbau busuk, yang baunya melebihi dari bangkai. Kemudian ada panggilan dari hadapan allah yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang menyembunyikan kemaksiatannya dengan samar dari hadapan manusia dan tidak tahut dihadapasn Allah SWT. Mereka mati sebelum bertaubat, maka inilah pembalasan bagi mereka dan kenerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan yang keenam adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan terputus dari belakang. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang tidak menyaksikan dan membuat kedustaan dan mereka mati sebelum bertaubat, maka inilah pembalasan bagi mereka dan nerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan yang ketujuh adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan tidak mempunyai lidah dan dari mulutnya mengalir nanah dan darah. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang mencegah memberikan kesaksian yang benar dan mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan ke nerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan yang kedelapan adalah mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan menundukan kepalanya, sedangkan kami mereka berada di atas kepalanya, serta dari farjinya mengalir nanah yang kental. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang berzina dan mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan ke nerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan kesembilan adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan wajah yang hangus, kedua matanya melotot, serta peruntya penuh dengan api. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya dan mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan kenerakalah tempat mereka akan kembali.

Golongan yang kesepuluh adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan berpenyakit kusta dan belang. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang berbuat durhaka kepada kedua orang tua dan mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan ke nerakalah tempat mereka akan kembali.

Adapun golongan yang kesebelas adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan buta hatinya, giginya bagaikan tanduk, bibirnya sama kenser di atas dadarnya, lidahnya menjulur di atas perutnya, perut mereka seakan menggantung ke pahanya dan dari perutnya terus keluar kotoran. Maka ada pemanggil dari hadapan Allah SWT. Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang minum arak dan mati sebelum bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan kenerakalah tempat mereka akan kembali.

Dan adapun golongan yang kedua belas adalah : mereka dikumpulkan dari kuburnya dalam keadaan wajah mereka bersinar bagaikan bulan purnama dan mereka ini melewati shiratal Mustaqim dengan cepat bagaikan kilat yang menyambar, Maka ada pemanggil dari hadapan Allah SWT. Yang Maha Penyayang, "Mereka itu adalah orang-orang yang berbuat kebajikan, mencegah dari kemaksiatan, memlihara shalat lima waktu dengan berjamaah dan mereka mati dalam keadaan bertaubat. Maka inilah balasan bagi mereka dan kesurgalah tempat mereka akan kembali berserta ampunan, keridhloan, rahmat dan kenikmatan Allah SWT. Karena sesungguhnya mereka itu sama ridlo kepada Allah SWT. dan Allah SWT.pun ridlo kepada mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel